LAPORAN UJIAN PRAKTEK KEJURUAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

UJIAN PRAKTEK KEJURUAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN 

Image result for lambang smk muhammadiyah purwodadi




DiSusun Oleh :
Nama : IRFAN SETIADI 
NISN : 






SMK MUHAMMADIYAH PURWODADI
PROGRAM STUDI TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

2017/2018





KATA PENGANTAR
            Alhamdulillahirobbil’alamin, Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan Ujian Praktek Kejuruan (UPK) Teknik Komputer dan Jaringan yang menjadi kewajiban saya untuk mengerjakannya dengan tuntas.
            Dengan adanya Ujian Praktek Kejuruan (UPK) Teknik Komputer Dan Jaringan ini bisa menambah wawasan, pengetahuan dan melatih saya agar dapat menyelesaikan UPK sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan disekolah saya ini. Laporan ini merupakan bukti tertulis bahwa saya telah menyelesaikan UPK Kejuruan ini.
            Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu, membimbing dan memberikan dukungan kepada saya dalam pelaksanaannya. Dengan selesainya laporan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada  
1.  Bapak Sumarjo. Fil.I selaku Kepala Sekolah SMK MUHAMMDAIYAH PURWODADI Purwodadi.
2    2.     Bapak Nano Iswanto, S.Pd, Selaku Ketua Program Keahlian Komputer Jaringan.
      3.   Bapak Heri Supriyanto, S.T  Selaku Waka.Kurikulum.
      4.   Ibu Dwi Ariani, S.Pd Selaku Wali Kelas XII Komputer Jaringan..
      5. Bapak/Ibu Guru pengajar serta Karyawan/i SMK MUHAMMADIYAH PURWODADI.
      6.   Keluarga, saudara-saudara, dan teman-teman saya, serta semua pihak yang telah membantu saya       dalam penyelesaian laporan ini.
Saya menyadari bahwa laporan ini jauh dari kesempurnaan. Adapun kekurangan dari laporan ini, kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan untuk perbaikan. Saya berharap laporan UPK Teknik Komputer Jaringan  ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan pengalaman bagi penulis.

Purwodadi, 27 Februari 2018


                                    Penulis

DAFTAR ISI
Halaman Judul............................................................................................................. i
Kata Pengantar............................................................................................................ ii
Daftar Isi..................................................................................................................... iv
BAB I.PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang......................................................................................1
1.2  Tujuan...................................................................................................2
1.3  Manfaat.................................................................................................3
BAB II.DESAIN MATERI 
2.1 Modul Perakitan Komputer untuk Siswa TKJ.....................................4

2.2 Modul Sistem Operasi untuk Siswa TKJ.............................................4
2.3 Modul Jaringan komputer untuk Siswa TKJ........................................4
2.4 Modul Administrasi Server....................................................................4
BAB III .PENUTUP
             
                3.1 Kesimpulan...................................................................................5
                3.2 Saran-saran..................................................................................5



BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Ujian Praktik Kejuruan (UPK) Teknik Komputer  dan Jaringan adalah salah satu syarat kelulusan yang harus dilakukan siswa-siswi kelas XII dengan program kejuruan Komputer Jaringan  SMK MUHAMMADIYAH. Oleh karena itu, siswa-siswi SMK MUHAMMADIYAH harus mampu menghasilkan sebuah hasil dari syarat kelulusan tersebut. Dengan diadakan UPK ini diharapkan dapat menambah kreatifitas siswa dan kelak dapat menghasilkan karya yang lebih baik.
SMK MUHAMMADIYAH adalah Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di  JL. K.H.R. Dahlan Abdusy  NO.3 Purwodadi Purworejo. Dengan program kejuruan Teknik Komputer Jaringan, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, dan Axioo Class Program. Menjadikan SMK MUHAMMADIYAH satu-satunya sekolah dengan fasilitas ber.AC.
Seiring dengan kemajuan Teknologi SMK MUHAMMADIYAH Purwodadi, Meresmikan Kejuruan Baru yaitu Axioo Class Program, yang dimana ini akan menjadi titik baik awal untuk SMK MUHAMMADIYAH Purwodadi, Agar menjadi sekolah unggulan di tingkat Jawa Tengah pada awal tahun 2020 mendatang.

1.2              Perumusan Masalah
Dengan adanya latar belakang yang tersaji diatas dapat diambil suatu perumusan masalah yang dihadapi penyusun yaitu bagaimana membuat dan merancang suatu ide. teknik-teknik dalam pembuatannya.
Disini penulis menggunakan bahasa sendiri. Penulis berharap penguji mampu mengerti dan dapat menerima hasil karya dari penulis.
1.3          
1.5              Tujuan
Tujuan diadakannya UPK pada siswa-siswi SMK MUHAMMADIYAH Purwodadi adalah untuk mencetak pelajar agar apa yang telah didapatkan dari mata pelajaran dalam keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan dimulai dari kelas X sampai XII bisa dimanfaatkan dan dipraktekkan didepan para penguji. Jadi, siswa-siswi ditutut agar bisa mempersiapkan materi., fisik dan mentalnya supaya dalam penyampaian kepada penguji lebih dimengerti. Dalam mempresentasikan kepada penguji dapat menggunakan software diantaranya adalah Membuat Hotspot Menggunakan Mikrotik, Menginstal Windows, Merakit PC, AdobePhoto Shop, Membuat Kabel UTP.
UPK juga bermanfaat agar siswa-siswi bisa lebih mandiri dari pada saat lulus dari SMK MUHAMMADIYAH Purwodadi sehingga bisa bersaing secara sehat dan optimal baik dalam dunia kerja maupun melanjutkan kejejang pendidikan yang lebih tinggi lagi.

1.6              Manfaat
Manfaat dari Pembelajaran dan teknik-teknik Komputer dan Jaringan adalah untuk pembelajaran secara praktikum agar penulis mendapatkan pengalaman dalam tahap-tahap penyusunan tugas ini. Selain itu, agar dapat dimanfaatkan bagi orang lain yang membutuhkan dan sebagai perubahan bagi penulis sebelum menginjak ke jenjang yang lebih tinggi atau di dunia kerja.


BAB II
DESAIN MATERI 


2.1 Modul Perakitan Komputer untuk Siswa TKJ

1. BAB 1 : Dasar - Dasar Komputer Personal

Macam-macam sistem operasi

Sistem operasi biasanya sudah terpasang saat Anda pertama kali membeli komputer. Sebagian besar pengguna komputer langsung menggunakan sistem operasi tersebut, tetapi mereka dapat mengubahnya dengan sistem operasi yang lain. Terdapat tiga sistem operasi komputer yang umum digunakan yaitu Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux.
Saat ini, sistem operasi modern telah menggunakan antarmuka pengguna grafis (disebut GUI). Melalui GUI, Anda dapat menggunakan mouse untuk klik ikon, tombol, dan menu. Selain itu, GUI menampilkan semua informasi pada komputer menggunakan kombinasi grafis dan teks.
Setiap sistem operasi memiliki GUI yang berbeda-beda, maka mungkin Anda membutuhkan waktu beberapa saat untuk beradaptasi dengan GUI yang baru. Sistem operasi modern telah dirancang untuk dapat digunakan dengan mudah dan mayoritas memiliki fitur-fitur dasar yang sama.

Microsoft Windows

Microsoft menciptakan sistem operasi Windows pada pertengahan tahun 1980-an. Sampai hari ini sudah terdapat banyak versi Windows, tetapi versi-versi yang terbaru adalah Windows 10 (dirilis pada tahun 2015), Windows 8 (dirilis pada tahun 2012), Windows 7 (dirilis pada tahun 2009), dan Windows Vista (dirilis pada tahun 2007). Windows sudah terpasang langsung pada komputer-komputer baru sehingga membuatnya menjadi sistem operasi yang populer.
Pelajari panduan kami lebih lanjut tentang Windows Windows Basics dan versi-versi Windows.

Mac OS X

Mac OS adalah sistem operasi yang dibuat oleh Apple. Sistem operasi ini sudah terpasang pada semua komputer Macintosh (disebut Mac) baru. Semua versi Mac OS yang terbaru dikenal sebagai OS X (diucapkan OS Ten), termasuk beberapa versi lainnya seperti El Capitan (dirilis pada tahun 2015), Yosemite (dirilis pada tahun 2014), Mavericks (dirilis pada tahun 2013), Mountain Lion (dirilis pada tahun 2012), dan Lion (dirilis pada tahun 2011) .
Berdasarkan StatCounter Global Stats, pangsa pasar pengguna sistem operasi Mac OS kurang dari 10 persen dari pengguna global sistem operasi. Statistik ini jauh lebih rendah dari persentase pengguna sistem operasi Windows (lebih dari 80 persen). Salah satu penyebabnya adalah bahwa harga komputer Apple cenderung lebih mahal. Namun, banyak orang lebih menyukai tampilan sistem operasi Mac OS X daripada Windows.
Pelajari tutorial kami tentang OS X Basics dan versi-versi OS X untuk informasi lebih lanjut.

Linux

Linux (diucapkan LINN-ux) adalah jenis sistem operasi open-source, yang kode programnya (source code) dapat dimodifikasi dan didistribusikan oleh siapa saja di seluruh dunia. Sistem operasi Linux berbeda dari sistem operasi Windows yang bersifat proprietary (modifikasi kode program hanya dapat dilakukan oleh perusahaan pencipta Windows). Beberapa keuntungan Linux adalah gratis dan tersedia banyak varian Linux yang dapat Anda pilih sesuai keinginan Anda.
Menurut StatCounter Global Stats, pangsa pasar pengguna sistem operasi Linux kurang dari 2 persen dari pengguna global sistem operasi. Namun, sebagian besar komputer server menggunakan Linux karena relatif mudah untuk dimodifikasi.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang macam-macam distribusi Linux, maka Anda dapat akses di Ubuntu , Linux Mint, dan Fedora, atau akses di Linux Mint Resources . Untuk daftar yang lebih rinci, Anda dapat mengunjungi di The Best Linux Distributions .

Sistem operasi untuk perangkat mobile

Sistem operasi yang telah kita pelajari sejauh ini dirancang untuk digunakan pada komputer desktop dan laptop. Perangkat mobile (seperti ponsel, komputer tablet, dan pemutar MP3) berbeda dari komputer desktop dan laptop, sehingga mereka menggunakan sistem operasi yang dirancang khusus untuk perangkat mobile. Contoh-contoh dari sistem operasi pada perangkat mobile adalah Apple iOS dan Google Android. Gambar di bawah ini merupakan screenshot sistem operasi iOS pada iPad.

Fitur-fitur sistem operasi pada perangkat mobile umumnya tidak sama persis seperti sistem operasi yang dibuat untuk komputer desktop dan laptop, sehingga perangkat mobile tidak mampu menjalankan semua jenis perangkat lunak yang dapat dijalankan pada komputer dekstop atau laptop. Namun, Anda masih bisa melakukan banyak hal melalui perangkat mobile, misalnya menonton film, browsing, mengelola kalender, dan bermain game.

Langkah-Langkah Merakit Komputer

1. Memasang Processor ke Motherboard
Alangkah baiknya sebelum motherboard dipasang ke casing, terlebih dahulu memasang processor karena akan lebih mudah cara memasangnya. Cara memasang processor ke motherboard yaitu :
  • Kita tentukan dulu posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan tanda titik atau lekukan.
  • Angkat tuas pengunci socket ke atas supaya terbuka
  • Sesuaikan posisi kaki processor dengan lubang socket, kalau sudah lalu tekan processor ke dalam socket sampai rapat.
  • Kunci kembali dengan tuas pengunci.

 

2. Memasang Motherboard 
Untuk memasang Motherboard pada casing yaitu letakkan motherboard pada tray casing dan sesuaikan lubang antara casing dan lubang motherboard, lalu kunci dengan sekrup.

 

3. Memasang Heatsink
Setelah processor terpasang, lalu pasang heatsink supaya processor tidak panas. Heatsink ini diletakkan diatas processor dan diberi penahan supaya tidak lepas. Sebelumnya lapisi heatsink dengan Gel penghantar panas. Apabila heatsink anda ada kipasnya/fan maka konektor power pada kipas/fan hubungkan ke motherboard.

 

4. Memasang RAM / Memori
Cara memasang Ram / modul memori yaitu : Buka dulu tuas penguncinya, lalu sesuaikan posisi lekukan pada modul memori dengan lekukan pada slot. Kalau sudah pas lalu tekan dan pasang kembali tuas pengunci RAM / memori.

 

5. Memasang Power Supply
Biasanya kalau kita membeli casing pasti power supply sudah terpasang. Nah apabila power supply belum terpasang caranya memaangnya yaitu :

  • Letakkan power supply pada tempatnya yang ada dibelakang casing, lalu kunci dengan sekrup.
  • Pasang konektor power dari power supply ke motherboard berikut kabel-kabelnya.

 

6. Memasang Kabel Motherboard dan Casing

  • Pasang kabel konektor IDE primary dan secondary pada motherboard.
  • Untuk motherboard non ATX, pasang kabel port serial dan pararel pada konektor di motherboard.
  • Pada bagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port tambahan jenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port lalumasukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
  • Hubungkan kabel konektor mouse dan keyboard pada motherboard.
  • Hubungan kabel konektor yang lainnya seperti LED, speaker internal dan port yang tersedia di casing komputer.

 

7. Memasang Drive
Untuk memasang drive seperti harddisk, CD-ROM/DVD-ROM caranya yaitu :

  • Masukkan drive dari depan casing. Atur dulu settingan jumper (sebagai master atau slave) pada drive, lalu pasang sekrup supaya drive tidak lepas.
  • Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primer yang dipakai lebih dulu)
  • Apabila kabel IDE terhubung pada 2 (dua) drive, setting jumpernya yaitu drive pertama disetting sebagai master dan satunya lagi sebagai slave.
  • Dan konektor IDE sekunder pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.
  • Sambungkan kabel power dari catu daya pada masing-masing drive.

 

8. Memasang Card Adapter
Untuk Card Adapter yang bisanya dipasang adalah sound, video card, modem dan SCSI adapter. Cara pemasangannya yaitu : masukkan Card Adapter pada slot yang tersedia di motherboard, lalu tekan sampai konektor benar-benar masuk, kemudian beri sekrup sebagai penahan card.

 

9. Tahap terakhir perakitan komputer
Kalau semua langkah-langkah perakitan komputer sudah selesai, kini tutup dengan casing dan beri sekrup. Hubungkan kabel dari catu daya ke soket dinding dan juga hubungkan konektor monitor ke port video card, konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse.

10. Pemeriksaan Hasil Perakitan Komputer
Setelah komputer selesai dirakit, kita lakukan pemeriksaan dan pengetesan hasilnya dengan program BIOS, caranya yaitu :
  • Nyalakan komputer dan monitor, lihat layar monitor dan juga dengarkan suara dari speaker.
  • Nah program Fost dari Bios ini akan otomatis mendeteksi hardware apa saja yang sudah dipasang pada komputer.
  • Lakukan setting untuk nilai dari kapasitas hardisk dan boot sequence.
  • Kalau sudah lalu simpan hasil settingan dan exit dari setup BIOS, maka komputer meload system operasi dengan urutan pencarian yang disesuaikan dengan settingan boot sequence pada Bios.
  • Masukkan CD Bootable yang berisi sistem operasi pada drive pencarian.

11. Solusi bila terjadi masalah pada hasil perakitan komputer

  • Hidupkan komputer, apabila komputer dan monitor tidak hidup, periksa kabel daya pada colokan listrik sudah terhubung apa belum.
  • Apabila waktu dinyalakan, tampilan layar monitor ngeblank / berwarna hitam, pasti ada kesalahan dan apabila pada CPU terdengar bunyi beep, maka betulkan penempatan RAM / memori pada soket.
  • Apabila card adapter tidak terdeteksi, periksa penempatan card adapter sudah pas apa belum ke slotnya.
  • Apabila LED dari harddisk atau CD menyala terus, periksa konektornya sudah terhubung apa belum.

                        1. Defragment file di komputer

fragmented file terjadi saat suatu file tersimpan di beberapa tempat di hard drive . ini menyebabkan kerja komputer jadi lelet karena komputer harus mencari di beberapa tempat untuk mengakses fragmented file. untuk itu kita hanya tinggal menjalankan defragment berikut caranya
– klik “start” => “all programs” => Accesories => “System tool” => “disk defragment”

2. Task manager

ini cara yang paling simpel dan semua orang mungkin sudah tau, caranya dengan task manager. pada saat komputer berhenti atau crash anda bisa membuka task manager caranya klik “Ctrl” + “Alt” + “Del” di keyboard. maka akan daftar program yang ngebuat crash atau hangs. tinggal klik program tersebut lalu klik End proses.

3. Membersihkan hardisk

Jika komputer lelet dari biasanya , bisa juga disebabkan oleh  hard disk yang hampir penuh. hal ini akan menurunkan kecepatan komputer secara signifikan. oleh karena itu anda dapat menghapus atau memindahkan file yang sudah tidak dipakai . untuk itu anda juga bisa menggunakan “disk cleanup” berikut cara menjalankannya
– klik “start” => “all programs” => Accesories => “System tool” => “disk cleanup”
daftar file bakal muncul di kotak dialog,  tinggal piih data/ file yang ingin di delete setelah itu klik tombol ok.

4. Virus

lalu yang paling penting adalah scan komputer dari untuk virus berbahaya. virusdapat menyebabkan komputer jadi hangs dan lelet bahkan ngerusak file yang ada di dalamnya. untuk itu gunakan antivirus yang ampuh karena ga semua antivirusbisa menghapus virus yang berbahaya .      

5. Disk Error

Disk erorr dapat menyebabkan komputer hang dan lelet. untuk memperbaikinya tinggal klik kanan pada hardisk yang mau di perbaiki, lalu pilih “properties”, klik tab “tools” dan klik tombol “Check now” . lalu klik tombol “start” maka program tersebut akan langsung scan hardisk dan memperbaiki disk error yang di temukan

 

2.2 Modul Sistem Operasi untuk Siswa TKJ

3. BAB 3 : OS untuk Komputer Tunggal

 

Jenis dan Nama-nama Sistem Operasi (OS) Komputer dan Mobile Lengkap

Akhir-akhir ini, kita bisa melihat teknologi saat ini hampir semua menggunakan Sistem Operasi (Operating Sistem), baik supercomputer (komputer segede gajah), TV, mainframe, laptop, Desktop pc bahkan Handphone yang agan/aganwati pakai. Namun apa itu OS ?

Sistem Operasi (OS) adalah program yang mengelola sumber daya hardware dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak (software). Kalo ibarat manusia, hardware adalah jasad atau raga manusia dan Os adalah ruh atau nyawa manusia. Tanpa OS, ya hardwarenya kaga bisa diapa-apain aka dead atau brick.

Saat ini, banyak OS bertebaran di muka bumi. Tapi kali ini TS akan membagi macam-macam Os, Os buat komputer (Computer OS) dan Os buat Handphone (Mobile OS)

1.Windows





Siapa yang kaga kenal OS yang satu ini ? Bahkan dari rakyat kecil sampe penguasa pake OS Windows atau setidaknya tau lah. Windows atau nama resminya Microsoft Windows adalah OS yang dikembangkan oleh Microsoft. Windows sebenarnya adalah evolusi dari MS-DOS, OS yang menggunakan text user interface (TUI), sedangkan Windows pake graphics user interface (GUI). Sebenarnya Windows diperkenalkan 10 November 1983, namun dirilis ke publik dua tahun kemudian, November 1985.

Windows adalah Os terpopuler di seluruh dunia, bahkan menurut survey menurut Net Application membuktikan populasi Windows mencapai 90.42 %

Kelebihan
• User-Friendly. Maksudnya menurut TS enak dipake, ya karena pertama kali kenal komputer, OS ya Windows. Sekali pake windows, susah banget move on ke OS lain
• Instalasi OS maupun software yang relatif mudah
• Banyak software yang berbasis Windows
• Dukungan hardware yang lebih banyak
• Karena banyak orang pake Windows, sehingga banyak perusahaan menggunakan aplikasi berbasis Windows
• Sistem operasi ini banyak dipakai untuk gaming, kenapa? Sebab game-game yang dipasaran selain dikonsol game, juga terdapat di Windows, bahkan eksklusif di Windows seperti DOTA, Point Blank, dan Euro Truck Simulator
• Perkembangan paling cepat dibanding software lainnya karena banyak perusahaan software yang konsisten menciptakan kemajuan pada sistem operasi Windows
• Kalo Windows ada masalah, tidak sulit mencari ahli disekitar kita
Kekurangan
• Sifatnya share-source/closed-source, maksudnya kodenya bisa dibagi-bagi tapi sangat terbatas ga bisa diotak atik seperti open source
• Karena sifatnya closed-source, sedikit sekali komunitas Windows
• Harga license atau harga jual yang mahal, oleh karena itu banyak windows user pakai pak tani aka bajakan
• Banyak virus atau malware yang menyerang Windows
• Sistem keamanan yang kurang greget
• Sistem yang kurang stabil
• Membutuhkan hardware yang mumpuni untuk Os windows yang terbaru
• Space yang dibutuhkan relatif besar

Macam-macam versi Windows
Spoiler for Buka aja: Hide
Windows 1.0, dirilis 20 November 1985
Windows 2.0, dirilis 9 Desember 1987
Windows 2.10, dirilis 27 Mei 1988
Windows 2.11, dirilis 13 Maret 1989
Windows 3.0, dirilis 22 Mei 1990
Windows 3.0 with Multimedia Extensions, dirilis 20 Oktober 1991
Windows 3.1, dirilis 6 April 1992
Windows for Workgroups 3.1, dirilis 27 Oktober 1992
Windows NT 3.1, dirilis 27 Juli 1993
Windows for Workgroups 3.11, dirilis 8 November 1993
Windows NT 3.5, dirilis 21 September 1994
Windows NT 3.51, dirilis 30 Mei 1995
Windows 95, dirilis 24 Agustus 1995
Windows NT 4.0, dirilis 24 Agustus 1996
Windows 98, dirilis 25 Juni 1998
Windows 98 SE, dirilis 5 Mei 1999
Windows 2000, dirilis 17 Februari 2000
Windows ME, dirilis 14 September 2000
Windows XP, dirilis 25 Oktober 2001
Windows XP 64-Bit Edition (v2002) , dirilis 25 Oktober 2001
Windows XP Media Center Edition, dirilis 31 Oktober 2002
Windows XP 64-Bit Edition (v2003) , dirilis 28 Maret 2003
Windows Server 2003, dirilis 24 April 2003
Windows XP Media Center Edition 2004, dirilis 30 September 2003
Windows XP Media Center Edition 2005, dirilis 12 Oktober 2004
Windows XP Professional x64 Edition, dirilis 25 April 2005
Windows Server 2003 R2, dirilis 25 April 2005
Windows Fundamentals for Legacy PCs, dirilis 8 Juli 2006
Windows Vista for Business use, dirilis 8 November 2006
Windows Vista for Home use; released in fifty countries, dirilis 30 Januari 2007
Windows Home Server, dirilis 7 November 2007
Windows Server 2008, dirilis 27 Februari 2008
Windows 7, dirilis 22 Oktober 2009
Windows Server 2008 R2, dirilis 22 Oktober 2009
Windows Home Server 2011, dirilis 6 April 2011
Windows Server 2012, dirilis 4 September 2012
Windows 8, dirilis 26 Oktober 2012
Windows RT, dirilis 26 Oktober 2012
Windows 8.1, dirilis 18 Oktober 2013
Windows RT 8.1, dirilis 18 Oktober 2013
Windows Server 2012 R2, dirilis 18 Oktober 2013
Windows 10, dirilis 29 Juli 2015
Windows Server 2016, dirilis 2016


2.Mac OS (Machintosh)








Kalo Windows adalah OS sejuta umat, Mac OS adalah OS yang dibilang ‘elite’ dan premium karena Mac Os dibuat oleh Apple Inc. Mac OS khusus dibuat untuk komputer Machintosh dan tak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984. Mac OS adalah OS yang pertama menggunakan graphic user interface (GUI). Sejak 2006, Mac OS kompatibel dengan x86 dan PowerPC.
Selain itu cara melisensinya juga berbeda. mencakup software untuk keperluan manajemen dan administrasi Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.

Kelebihan
• Tidak bisa ditembus virus atau malware
• Lebih stabil
• Fitur Time Machine, dimana bekerja secara otomatis pada backgorund tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data
• Fitur Sherlock yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan pada jaringan lokal, tapi juga dapat bereaksi di Internet dan mencari berdasarkan keyboard
• Shut down yang sangat cepat dibandingkan dengan OS lain, hanya membutuhkan 3-4 detik
• UI nya yang menarik apalagi retina display
• Lebih kelihatan premium daripada os lain, karena gengsi
• Cocok untuk graphic designer
Kekurangan
• Mahal, karena kualitas premium
• Hardware yang menggunakan Mac Os hanya merk Apple, selain itu ga bisa diotak-atik dan dirakit hardwarenya seperti halnya OS lain
• Software tidak sebanyak Os Windows
• Kurang cocok untuk server dan gaming

Macam-macam vesi MacOS
Spoiler for Buka aja: Hide
Mac Os 10.0 “Cheetah”, dirilis tanggal 24 Maret 2001
Mac Os 10.1 “Puma”, dirilis tanggal 25 September 2001
Mac Os 10.2 “Jaguar”, dirilis tanggal 23 Agustus 2002
Mac Os 10.3 “Panther”, dirilis tanggal 24 Oktober 2003
Mac Os 10.4 “Tiger”, dirilis tanggal 29 April 2005
Mac Os 10.5 “Leopard”, dirilis tanggal 26 Oktober 2007
Mac Os 10.6 “Snow Leopard”, dirilis tanggal 28 Agustus 2009
Mac Os 10.7 “Lion”, dirilis tanggal 20 Juli 2011
Mac Os 10.8 “Mountain Lion”, dirilis tanggal 25 Juli 2012
Mac Os 10.9 “Mavericks”, dirilis tanggal 22 Oktober 2013
Mac Os 10.10 “Yosemite”, dirilis tanggal 16 Oktober 2014
Mac Os 10.11 “El Capitan”, dirilis tanggal 30 September 2015


3. Linux






Jika kedua OS diatas bersifat closed-source, Linux adalah open-source artinya kode-kode bebas disebar luaskan, bahkan dimodifikasi. Linux adalah salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama (open-source). Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux. OS ini merupakan alternatif untuk Windows maupun Mac OS


Kelebihan

• Open-source, sehingga dapat dikatakan untuk mendapatkan Linux, agan tidak membayar aka gratis untuk menggunakan linux
• Sistem keamanan yang unggul
• Sistem yang stabil, karena Unix family
• Karena open-source, banyak komunitas-komunitas Linux yang membuat distro-distro Linux
• Linux mempunyai kompabilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compability)
• Linux (khusus Ubuntu) tidak perlu menginstall driver kecuali printer dan modem
• Tidak memakan banyak resource dibanding windows

Kekurangan

• Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux bagi yang tidak mempunyai dasar komputer yang kuat apalagi masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux

• Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux

• Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya


Macam-macam distro linux


Spoiler for Buka Aja:



·                     Ubuntu
·                     Debian
·                     Suse
·                     Fedora
·                     Red Hat Enterprise
·                     Chrome OS
·                     Mint
·                     Knoppix
·                     Distro Buatan Indonesia 
·                     Garuda Os
·                     Kuliax
·                     TehOs


- BlankOn




- DesaOS




- Grombyang OS 





mungkin masih banyak lagi tapi cuman diatas yang ane tau


4.FreeBSD





FreeBSD adalah Sistem Operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T. FreeBSD berjalan di atas sistem intel x86. FreeBSD sendiri kali pertama muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuan dari FreeBSD adalah menyediakan software yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. FreeBSD sendiri dikembangkan dari 386BSD sebuah proyek pengembangan BSD OS yang berjalan di atas Chip Intel.
Saat ini FreeBSD banyak dipercaya sebagai OS untuk server yang menangani beban yang cukup tinggi. Tercatat beberapa situs internet tersibuk di dunia, seperti Yahoo.com, Hotmail.com, dan ftp.cdrom.com menggunakan FreeBSD sebagai sistem operasi bagi servernya.
Kelebihan
• Memiliki sistem software third-party yang memberikan kemudahan yang berarti bagi para user untuk menambah atau menghapus aplikasi-aplikasi.
• Keuntungan lain dalam memakai freebsd sebagai server diantaranya adalah mudah, gratis (bisa di download langsung dr www.freebsd.org), secure, powerfull, mendukung patch dan update, disertai port dan package u/ memudahkan install software lain, disertai firewall, dan ada team yang akan selalu develop OS FreeBSD.
• Sistem stabil untuk database, server internet, intranet, fill-server, intranet client, pengembangan java., FreeBSD dapat berjalan lebih cepat dari Linux dalam beberapa bagian misal sebagai server NFS.
• Virus/Spyware yang menyerang sedikit
Kekurangan
• Sedikit software untuk kantor apalagi versi gratisnya
• Free BSD tidak dapat digunakan pada mikro karnal lam PC IBM
• Free BSD tidak dapat mendukung ISA-plug-and-ply-card
• Kecilnya basis developer dan pemakai yg mencari bug/kelemahan program
• Belum jelas masa depannya untuk server database dan sistem operasi desktop.


5.HAIKU atau BeOS







HAIKU OS atau dulu BeOS (bukan dekat Jakarta Kota ya) adalah Sistem operasi ini merupakan salah satu jenis sistem operasi yang bersifat Open Source. Dimana HAIKU ini pada jamannya sangat dikenal sebagai OS yang memiliki arsitektur yang kuat untuk menjalankan multimedia, mendukung multiprosesor, mendukung 64 journaling file sistem. Dikembangkan pada tahun 2001 untuk menggantikan BeOS.

Kelebihan

• Arsitektur yang kuat untuk multimedia
• Mendukung multiprosesor
• Mendukung 64 journaling file sistem
Kekurangan
• Hanya dapat digunakan pada Hardware modern (BeBOX)
• Untuk menjalankannya dibutuhkan Aplikasi Virtual seperti Qemu atau Vmware

6.Solaris









Sun Solaris adalah sebuah sistem operasi keluarga Unix yang dikembangkan oleh Sun Microsystems Inc (diakuisisi oleh Oralce). Open solaris adalah Sun Solaris yang di open-source kan di bawah lisensi CDDL (Common Development and Distribution License)

Solaris OS adalah operating system yang sangat terkenal didunia karena kestabilannya. Solaris OS sangat dipercaya sebagai OS server terutama pada mesin-mesin critical yang menuntut high availability, stability, reliable, serta scalable.

Kelebihan

• Sistem file stabil untuk database, server Internet, Intranet, file-server, Internet-client, pembangunan Java.
• Stabil dan popular dibandingkan dengan Windows NT.
• Mempunyai sistem operasi Unix versi "hampir" sempurna

Kekurangan

• Harga sistem operasi komersil yang mahal (versi berbayar).
• Kepantasan inovasi Linux lama kelamaan memberi kesan kepada sistem Unix komersil.
• Sistem operasi Unix versi "hampir" percuma tidak sebaik sistem operasi Unix komersil.
• Driver hardware yang kurang baik pada versi "hampir" percuma.

7.AmigaOS




AmigaOS adalah sistem operasi milik asli dari komputer pribadi Amiga. Ini dikembangkan pertama kali oleh Commodore International dan diperkenalkan dengan peluncuran Amiga pertama, Amiga 1000, pada tahun 1985.


8.Os/2






OS / 2 adalah serangkaian sistem operasi komputer, awalnya dibuat oleh Microsoft dan IBM, kemudian dikembangkan oleh IBM secara eksklusif.

9.UNIX




UNIX adalah Sistem Operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX didesain sebagai Sistem Operasi yang portabel, Multi-Tasking dan Multi-User. Sistem Operasi UNIX lebih menekankan diri pada Workstation dan Server, Karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan UNIX dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga UNIX pun dikembangkan oleh banyak pihak dan menyebabkan banyak sekali varian dari UNIX ini.


10.IBM-AIX







AIX (singkatan dari Advanced Interactive eXecutive) adalah sebuah versi sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh IBM untuk platform server dan workstation IBM RS/6000. Versi pertama dari AIX dibuat berbasiskan sistem operasi UNIX System V release 2. Sebelum dirilis kepada publik, singkatan AIX sebenarnya adalah Advanced IBM Unix. Versi terbarunya, versi 5L 5.3 mendukung hingga 64 CPU dan mampu mengakses Random access memory (RAM) hingga 2 terabyte. Sistem berkas JFS2 pun mendukung kapasitas partisi dan ukuran berkas maksimum melebihi 16 terabyte.


11.Novell Netware





Novell NetWare adalah sebuah sistem operasi jaringan yang umum digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Novell, dan dibuat berbasiskan tumpukan protokol jaringan Xerox XNS.

12.MS-DOS





Era Sebelum Windows, MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows.


Mobile OS


1.Android




Kalau Windows PC sejuta umat, maka Smartphone sejuta umat disematkan pada Android. karena sekarang ini Android digandrungi banyak orang.

Android merupakan OS yang dibuat oleh Andy Rubin pada tahun 2005 sebelum diakuisisi oleh Google, dirilis tahun 2007 bersamaan dibentuk Open Handset Alliance. Pada saat perilisan android bersama Open Handset Alliance mendukung penuh pengembangan terbuka pada perangkat seluler atau biasanya di sebut dengan mobile. Device Android pertama adalah HTC Desire 





           

2.1 Modul Perakitan Komputer untuk Siswa TKJ

                  1. BAB 1 : Dasar - Dasar Komputer Personal

                               

                  2. BAB 2 : Merakit Merawat dan Memperbaiki Komputer Personal
                                                               
                  2.2 Modul Sistem Operasi untuk Siswa TKJ
                  3. BAB 3 : OS untuk Komputer Tunggal

                                Home » komputer » Jenis dan Nama-nama Sistem Operasi (OS) Komputer dan Mobile Lengkap

Kelebihan

• Banyak pilihan devices mulai dari kalangan bawah sampai atas
• Aplikasi yang banyak dan sebagian besar gratis
• Open-Source , jadi kita mudah oprek-oprek kode sumber Android
• User-Friendly
• Terdapat Google Now (untuk Android Jelly Bean)
• Multitasking

Kekurangan

• Update OS system yang lama
• Android terkadang menimbulkan lag bahkan hang
• Banyak memakan resource sehingga mengurangi pemakaian baterai
• Terkadang Android rentan sekali terhadap virus

Jenis-Jenis Android




·                     1.0, dirilis 23 September 2008
·                     1.1, dirilis 9 Februari 2009
·                     1.5 “Cupcake”, dirilis 27 April 2009
·                     1.6 “Donut”, dirilis 15 September 2009
·                     2.0-2.1 “Eclair”, dirilis 3 Desember 2009
·                     2.2-2.2.3 ”Froyo”, dirilis 20 Mei 2010
·                     2.3-2.3.7 ”Gingerbread”, dirilis 6 Desember 2010
·                     3.0-3.2.6 “Honeycomb”, dirilis 22 Februari 2011
·                     4.0-4.0.4 “Ice Cream Sandwich”, dirilis 18 Oktober 2011
·                     4.1-4.3.1 “Jelly Bean”, dirilis 9 Juli 2012
·                     4.4-4.4.4 “KitKat”, dirilis 31 Oktober 2013
·                     5.0-5.1.1 “Lolipop”, dirilis 12 November 2014
·                     6.0-6.x.x “Marsmallow”, September 2015



2.iOS







Jika kita sudah mengenal Mac OS, maka kita mengenal iOS. Sama sama dibuat oleh Apple Inc., berdesain premium, dan berharga wah. Namun bedanya Mac Os untuk PC, dan iOS yang awalnya hanya untuk iPhone sekarang digunakan untuk iPad, iPod, Apple TV.

Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV.

Kelebihan

• Touch ID, menggunakan keamanan sensor jari, walaupun sudah ada di OS lain seperti Android (Samsung Galaxy, Nexus 6)
• Aplikasi terbaik seperti CoC (Clash of Clans) dan Instagram mapipr lebih dulu di iOS
• Update OS yang cepat dibanding OS lain
• Layanan purna jual yang terbaik
• Multitasking
• Desainnya yang premium membuat pengguna OS lain klepek-klepek
• Terdapat Siri yang siap mendampingi hidup agan
• User-Friendly


Kekurangan

• Seperti halnya MacOS, harganya mahal
• iOS hanya terdapat di devices merk Apple
• Tidak bisa konektivitas ke devices lain seperti bluetooth
• Cukup sulit menghubungkan data ke PC seperti halnya Android
• App nya yang kebanyakan berbayar
• Susah sekali dioprek-oprek karena closed-source

Jenis-Jenis iOS




·                     iPhone OS 1.x, dirilis 6 Maret 2008
·                     iPhone Os 2.x, dirilis 11 Juli 2008
·                     iPhone OS 3.x, dirilis 17 Juni 2009
·                     iOS 4, dirilis 22 November 2010
·                     iOS 5, dirilis 12 Oktober 2011
·                     iOS 6, dirilis 19 September 2012
·                     iOS 7, dirilis 18 September 2013
·                     iOS 8, dirilis 17 September 2014
·                     iOS 9, dirilis 16 September 2015


3.Windows Phone dan Windows Mobile




Windows Mobile merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Microsoft, produk Mobile Windows seperti Sagem myS-7, O2 Xphone dll. Sistem operasi yang berhasil dikembangkan dan diaplikasikan mulai dari Pocket PC 2000 hingga Windows Mobile versi 6.5.5. Meskipun ada beberapa kelebihan seperti fitur GPS, dapat menonton televisi, mobile blog, mobile database namun kelemahan dari Windows Mobile adalah minim developer independen.

Windows Phone adalah keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan pengganti platform Windows Mobile. Tidak seperti pendahulunya, Windows Phone ditujukan pada pasar konsumen alih alih perusahaan.Sistem operasi ini pertama diluncurkan bulan Oktober 2010 dan diluncurkan di Asia pada awal 2011. Di Windows Phone, Microsoft menciptakan antarmuka pengguna baru menggunakan bahasa desainnya yang diberi nama Modern Style UI

Kelebihan

• Cortana, terinspirasi dari game Halo, Microsoft membuat virtual Assistant untuk Windows Phone. Virtual assistant ini bukan memberikan hasil penelusuran seperti Siri dan Google Now, namun langsung memberikan jawabannya
• Customize Lockscreen
• Fitur Hub
• Fitur Continuum (khusus WP 10)
• Relatif bebas virus

Kekurangan

• Jumlah aplikasi tidak sebanyak Android dan iOS
• UI tidak bisa diotak-atik
• Closed source

Jenis-jenis Windows Phone


Spoiler for Buka Aja:

Windows Phone 7, dirilis 21 Oktober 2010
Windows Phone 7.5, dirilis 27 September 2011
Windows Phone 7.8, dirilis 1-2 Februari 2012
Windows Phone 8, dirilis 29 Oktober 2012
Windows Phone 8.1, dirilis 14 April 2014
Windows Phone 10, dirilis akhir 2015


4.Blackberry





Siapa yang ga kenal BlackBerry? Ya, sempat booming di Indonesia tahun 2009 sampai 2013 meskipun akhirnya tergusur Android dan IOS. Blackberry adalah OS yang dikembangkan Research in Motion (RIM), perusahaan IT asal Kanada. RIM ditujukan bagi pelanggan korporasi atau bisnismen sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim email.

Kelebihan

• BlackBerry Messenger, sebelum tahun 2013 BBM ini adalah eksklusif untuk Blackberry
• Mengirim Email secepat mengirim SMS
• Sistem keamanan yang baik
• Mempunyai fungsi autotext
• Mempunyai Pushmail

Kekurangan

• Browser yang tidak user-friendly juga payah
• Aplikasi tidak sebanyak Android dan iOS
• Untuk menikmati Blackberry harus ada paket internet khusus yaitu Blackberry Internet Service. Misalnya kita pake sim yang ada paket internet biasa, ketika dimasukkan BB, Cuma bisa dipakai buat browser dan tidak bisa dipakai BBM
• Closed Source
• Hanya terdapat pada Blackberry device

5.Firefox OS



Mozilla, perusahaan yang mengembangkan aplikasi peramban (browser) Firefox, berencana untuk membuat sistem operasi kode sumber terbuka (open source) untuk perangkat mobile bernama Firefox OS. Diperkenalkan ke publik melalui CES 2013. Segenap dukungan telah didapatkan Mozilla untuk proyek Firefox OS seperti ZTE yang meluncurkan smartphone berOS Firefox, 2 Juli 2013.


6.Ubuntu Mobile

Hadir sebagai pesaing Android dan iOS, perangkat berbasis Ubuntu untuk perangkat mobile ini disebutkan akan hadir dengan harga yang terjangkau. Ubuntu versi ini telah didesain agar tetap mampu bekerja di perangkat entry-level sekalipun. Diluncurkan 2 Januari 2013

7.Symbian



Salah satu OS Legend dihati masyarakat Indonesia, khususnya Nokia lover adaah Symbian. Betapa tidak, OS pernah merajai pasaran mobile pada saat masa jayanya Nokia. Diperkenalkan tahun 1997. Saat ini banyak yang telah menggunakan sistem operasi ini oleh berbagai vendor produk peralatan mobile. Namun sayang Symbian telah ‘mati’ oleh Nokia sebelum bergabung Microsoft tahun 2012

8.Palm OS



Palm OS diperkenalkan di tahun 1996 yang awalnya dikembangkan untuk perangkat ponsel PDA (Personal Digital Assistant). Palm OS kemudian dikembangkan dengan kemudahan touchscreen-nya yang berbasis graphical user interface. Ciri khasnya dari PDA yang disokong oleh Palm OS adalah interface yang menampilkan shortcut-shortcut menu. Produk yang menggunakan Palm OS adalah HP Touch Pad, Palm Treo Smartphone dan lain lain


9.MeeGo



MeeGo adalah sebuah sistem operasi open source yang berbasis Linux dan ditargetkan untuk pasar genggam(mobile). Meego adalah hasil kerjasama Nokia dan Intel, pertama kali diperkenalkan pada Mobile World Congress tahun 2010.

10.Bada



Bada OS adalah sistem operasi mobile untuk perangkat smartphone dan komputer tablet. Bada OS dikembangkan oleh salah satu vendor terbesar di dunia, Samsung Elektronik. Bada OS diperkenalkan pertama kali pada Mobile World Congress tahun 2010 untuk aplikasi di ponsel Samsung Wave S8500 temasuk aplikasi game yang diciptakan oleh Gameloft.

11.Tizen



Tizen OS adalah sistem operasi open source berbasis Linux yang dikembangkan Samsung yang bertujuan untuk menyaingi Android. Tizen OS telah bekerja sejak awal 2012 namun telah mengumpulkan perhatian baru-baru ini berkat keterlibatan Samsung dan minat dalam platform.

12.Jolla



Jolla adalah perusahan yang didirikan oleh mantan karyawan Nokia, yang juga terlibat dalam pengembangan sistem operasi MeeGo – platform yang disiapkan Nokia namun tidak jadi digunakan karena mereka akhirnya memilih OS Windows buatan Microsoft.

=HJUH13.WebOS



webOS adalah sistem operasi yang dimiliki oleh HP(Hewlett-Packard) dan berbasis Linux. Awalnya dikembangkan oleh Palm, kemudian diambil oleh Hewlett-Packard untuk digunakan pada produk-produk HP mulai dari ponsel pintar, tablet, dan lainnya. webOS diperkenalkan oleh Palm pada bulan januari 2009

14.MXI

          MXI (Motion eXperience Interface) adalah sebuah sistem operasi mobile yang univesal. Pada tahun 2004, perusahaan solusi nirkabel meluncurkan sistem operasi mobile universal yang menciptakan informasi dan entertained selama dalam perjalanan yang setara dengan kekuatan PC. MXI OS dapat dijalankan untuk aplikasi mobile seperti Windows, Linux, Palm dan Java. Dalam peluncuran perdana MXI OS, user dapat menggunakannya dalam perangkat nirkabel untuk komputasi dan komunikasi (seperti smartphone). MXI menawarkan kemudahan dalam menggunakan interface dan aplikasi yang cepat untuk diakses oleh pengguna.

15. Maemo


          Maemo adalah sebuah sistem operasi terbaru dari sebuah vendor besar Nokia yang digunakan oleh device terbatas Internet Tablet yaitu seri N770, N800, N810 dan N900.

 2.3 Modul Jaringan komputer untuk Siswa TKJ

JARINGAN KOMPUTER
            Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server).Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
            Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti HubBridgeSwitchRouterGateway sebagai peralatan interkoneksinya.

       Pengertian GUI dan CLI



Interface/antarmuka berfungsi sebagai perantara antara User/pengguna dengan Sistem Operasi supaya dapat saling berinteraksi. Secara umum antarmuka pada sistem operasi/OS terbagi menjadi dua, yaitu OS berbasis GUI (Graphical User Inface) dan OS berbasis CLI (Command Line Interface). Apa pengertian dan perbedaan antara GUI dan CLI?, berikut ini penjelasannya:

A. Pengertian GUI (Graphical User Interface)

GUI adalah antarmuka pada sistem operasi yang menggunakan tampilan grafis, dapat dikendalikan menggunakan beberapa macam alat input, seperti mouse, keyboard, touchscreen, dll. Pada antarmuka GUI terdapat jendela, menu, tombol, icon, dll yang didesain supaya pengguna lebih mudah, nyaman, dll (user friendly) dalam berinteraksi dengan sistem operasi atau aplikasi.

Dalam penerapannya GUI lebih banyak digunakan untuk kebutuhan pengguna umum atau komputer destop/client, karena tujuannya lebih ke user friendly. Contoh sistem operasi berbasis GUI: Windows, Macintosh, Ubuntu, RedHat, Android, dsb.
Windows 10

Kelebihan GUI :
  • Desain menarik dan user friendly
  • Tidak Menbosankan
  • Tidak perlu mengingat baris dan perintah

Kekurangan GUI:


  • Kebutuhan spesifikasi hardware lebih besar
  • Performa lebih berat

B. Pengertian CLI (Command Line Interface)

CLI adalah antarmuka pada sistem operasi yang menggunakan baris perintah atau text. Dalam berinteraksi dengan sistem operasi pengguna hanya dapat menggunakan keyboard dengan cara mengetikan perintah (Command) tertentu.

Dalam penerapannya CLI lebih ditujukan kepada sistem operasi yang digunakan sebagai komputer server yang dioperasikan oleh IT administrator. Karena menggunakan CLI dirasa lebih efisien dan cepat dibanding menggunakan GUI. Contoh sistem operasi berbasis CLI adalah DOS/Command Prompt, Linux berbasis Teks, Cisco IOS (Internetwork Operating System), Mikrotik, dll.

Linux Ubuntu Text Mode

Kelebihan CLI:


  • Performa lebih tinggi
  • Lebih efisien dalam penggunaan
  • Hanya membutukan spesifikasi hardware yang rendah

Kekurangan CLI:

  • Kurang menarik dan membosankan bagi pengguna awam
  • Harus mengingat baris dan perintah

2.4 Modul Administrasi Server

Membuat Kabel Straight UTP

1. Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm.

2. Buka pilinan kabel, luruskan dan urutankan kabel sesuai standar gambar.

3. Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel,

4. Masukan kabel yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar dengan posisi sebagai berikut:
Orange Putih pada Pin 1.
Orange pada  Pin 2.
Hijau Putih pada  Pin 3.
Biru pada    Pin 4.
Biru Putih pada  Pin 5.
Hijau pada   Pin 6.
Coklat Putih pada  Pin 7.
Coklat pada   Pin 8.

5. Lakukan crimping menggunakan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada konektor RJ-45 sudah “menggigit” tiap-tiap kabel. biasanya akan terdengar suara "krik".

Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain

Langkah terakhir adalah mengecek kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan LAN tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing2 port yang tersedia pada LAN tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kita buat.



            Membuat Kabel Cross UTP

Membuat kabel cross memiliki langkah yang hampir sama dengan kabel straight, perbedaan hanya terletak pada urutan warna dari kedua ujung kabel. Berbeda dengan kabel straight yang memiliki urutan warna sama di kedua ujung kabel, kabel cross memiliki urutan warna yang berbeda pada kedua ujung kabel.


Ujung Pertama sama dengan kabel straight :

• Orange Putih pada  Pin 1.
• Orange pada   Pin 2.
• Hijau Putih pada  Pin 3.
• Biru pada   Pin 4.
• Biru Putih pada  Pin 5.
• Hijau pada   Pin 6.
• Coklat Putih pada  Pin 7.
• Coklat pada   Pin 8.


Untuk ujung kabel yang Kedua, susunan warnanya berbeda dengan ujung pertama. Adapun susunan warnanya adalah sebagi berikut:

• Hijau Putih pada   Pin 1.
• Hijau pada    Pin 2.
• Orange Putih pada   Pin 3.
• Biru pada     Pin 4.
• Biru Putih pada   Pin 5.
• Orange pada    Pin 6.
• Coklat Putih pada   Pin 7.
• Coklat pada    Pin 8.

Dibawah ini adalah contoh ujung kabel UTP yang telah terpasang konektor RJ-45 dengan benar, selubung kabel (warna biru) ikut masuk kedalam konektor.

                  Cara Menginstal Windows  7 & 8:

                        Setting BIOS

Sebelum menginstal sistem operasi windows, Anda harus mensetting BIOS agar booting dari CD/DVD. Karena settingan default booting pertama kali dari HDD, jadi anda harus mensettingnya terlebih dahulu agar booting melalui CD/DVD. Berikut cara mensetting BIOS:
  1. Hidupkan komputer Anda, tekan tombol DEL untuk masuk ke menu BIOS, tetapi tidak semua komputer atau laptop memakai tombol yang sama. Tombol yang dapat Anda gunakan selain DEL adalah F1, F2, Fn + 2, coba salah satu dari tombol tersebut.
  2. Tampilan menu BIOS seperti pada gambar dibawah ini. Biasanya menu BIOS di setiap komputer atau laptop juga berbeda. Selanjutnya silahkan Anda pindah ke tab Bootdengan memakai tombol ◄ ►.

  3. Seperti pada gambar dibawah ini, posisi HDD berada paling atas sendiri, hal tersebut menandakan booting pertama kali dilakukan dari HDD. Oleh karena itu, Anda harus mengubahnya supaya booting pertama kali melalui CD/DVD.
  4. Pilih CD-ROM Drive, lalu gunakan tombol + / – untuk memindahkan hingga berapa diposisi atas seperti gambar dibawah ini.
  5. Masukkan DVD installer windows ke dalam DVDROM komputer atau laptop Anda. Simpan konfigurasi dengan cara menekan tombol F10.

Cara Install Windows 7

  1. Pertama tekan sembarang tombol untuk memulai proses instalasi windows 7.
  2. Pilih Indonesian pada Time and currency format. Untuk Language to install dan Keyboard or input method biarkan saja default. Kemudian klik Next.
  3. Mulai proses instalasi windows 7, pilih Install Now.
  4. Ceklist I accepted the license terms, lalu klik Next.
  5. Kemudian pilih Custom (advanced).
  6. Jika anda ingin menginstall ulang, downgrade atapun upgrade sistem operasi windows sekaligus ingin data-data dipartisi lain tidak hilang, cukup delete Disk 0 Partition 2 (partisi C:) serta Disk 0 Partition 1 : System Reserved, maka otomatis kedua partisi ini akan menjadi Unallocated Space. Silakan buat partisi baru lagi, otomotis partisi tersebut akan menjadi Disk 0 Partition 2, dan jadikan Disk 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi windows 7, lalu klik Next.Bagi yang ingin melakukan install ulang, downgrade ataupun upgrade ke windows 7 sekaligus tidak ingin data-data dipartisi lain hilang, silakan lewati langkah pada nomor 7 sampai 10. Dan bagi yang pertama kali melakukan proses instalasi windows 7 sekaligus yang Harddisk masih kosong lewati langkah nomor 6.
  7. Langkah selanjutnya mempartisi ruang harddisk. Pilih Drive options (advanced) => New. Kemudian tentukan ukuran partisi tersebut. Klik Apply jika sudah selesai.
  8. Klik OK untuk pembuatan system files windows atau yang biasa disebut dengan system reserved partition.
  9. Buat 2 partisi dengan cara yang sama seperti pada langkah nomor 7. Berapa banyak partisi tergantung selera Anda. Tutorial kali ini hanya membuat 2 partisi saja.
  10. Pilih Disk 0 Partition 2 sebagai lokasi proses instalasi windows 7. Kemudian klik Next. Lokasi instalasi kami sarankan di Disk 0 Partition 2.
  11. Mulai proses instalasi windows 7. Proses ini akan memakan waktu kurang lebih 30 menit. Selama proses komputer atau laptop Anda akan restart dengan sendirinya beberapa kali.
  12. Jangan tekan tombol apapun pada keyboard ketika proses restart berlangsung. Hal tersebut akan menyebabkan komputer mengulangi proses instalasi dari awal.
  13. Langkah berikutnya yakni memasukkan Nama Pengguna dan juga Nama Komputer. Klik Next untuk melanjutkan.
  14. Buat password untuk akun Windows 7 Anda. Buatlah password yang kuat dengan kombinasi angka juga simbol. Pada password hint, isikan kata atau kalimat yang membantu Anda untuk mengingat password windows 7 Anda. Bila Anda tidak ingin menggunakan password, kosongkan saja. Kemudian klik Next.
  15. Masukkan product key windows 7 lalu Next. Jika tidak memiliki product key windows 7 Anda dapat melewati langkah ini tanpa memasukkan product key yang diminta. Tetapi tanpa aktivasi product key, Anda hanya bisa menggunakan Windows 7 selama 30 hari. Selanjutnya klik Next.
  16. Pada Windows Update, pilih Ask me later. Anda dapat memilih Use recommended settings bila DVD windows 7 yang anda gunakan original. Tetapi jika tidak, pilih Ask me later.
  17. Zona waktu / Time zone pilih (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta.
  18. Langkah selanjutnya menentukan lokasi jaringan, pilih Public Network.
  19. Jika Anda menambahkan password untuk akun Anda, pada saat menghidupkan komputer Anda harus memasukkan password terlebih dahulu untuk dapat masuk ke dekstop.
20. Selesai.
Itulah tadi tutorial menginstal Windows 7 di komputer maupun laptop. Selanjutnya adalah tutorial cara menginstal Windows 8 / 8.1.

Cara Install Windows 8 / 8.1

Cara untuk menginstall windows 8 / 8.1 ini tidak jauh berbeda dengan cara menginstall windows 7. Langsung saja, berikut langkah-langkah menginstall windows 8 / 8.1 :
1. Untuk memulai instalasi Windows 8 / 8.1, tekan tombol sembarang.
2. Pilih Indonesian (Indonesia) pada menu 
Time and currency format. Untuk lainnya biarkan saja default, lihat gambar. Klik Next.
3. Tampilan mulai instalasi seperti gambar dibawah ini. Pilih tombol Install now untuk memulai instalasi windows.
4. Masukkan 
product key windows 8, biasanya product key terdapat satu paket dengan DVD. Lanjut tekan Next.
5. Ceklist I accept the licence terms, pilih tombol Next.
6. Pada berikut, pilih Custom: Install Windows only (advanced).
7. Bagi Anda yang akan melakukan install ulang, dimana komputer Anda pernah diinstall sistem operasi windows sebelumnya dan supaya data pada partisi lain tidak hilang Anda cukup delete Drive 0 Partition 2 (partisi C:) dan Drive 0 Partition 1 : System Reserved, lalu buat partisi baru lagi. Pilihlah Drive 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi windows, lalu klik Next.
Bagi yang ingin melakukan install ulang pada windows 8, lewati langkah nomor 8-12 dan bagi yang komputer atau laptop belum pernah diinstall sistem operasi sama sekali, silakan Anda lewati langkah nomor 7.
8. Pada gambar dibawah ini, ruang harddisk masih kosong. Anda perlu mempartisi harddisk menjadi beberapa partisi, biasanya partisi harddisk dibagi mejadi tiga.
9. Untuk membuat partisi baru, pilih Drive options (advanced) => New, tentukan ukuran partisi sesuai dengan kebutuhan, lalu pilih tombol Apply. Jika harddisk Anda berukuran 320/500 GB, gunakan ukuran 100GB untuk partisi system.
10. Selanjutnya klik OK untuk pembuatan 
system reserved partition.
11. Buatlah partisi lagi sesuai selera. Untuk langkah-langkahnya sama persis pada langkah nomor 9.
12. Pilih Drive 0 Partition 2 (partisi C:) sebagai lokasi instalasi dari windows 8, kemudian pilih tombol Next.
13. Selanjutnya tahapan instalasi membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit dan komputer akan restart beberapa kali selama proses ini berlangsung.
14. Setelah selesai proses sebalumnya, beri Nama pada PC kemudian pilih tombol Next. Dalam tahap ini juga mengatur warna tema sesuai selera.
15. Lanjut pilih tombol Use express setting.
16. Masukkan 
Nama Pengguna sekaligus Password bila dibutuhkan. Tanpa password juga tidak masalah. Untuk kolom Password hint, isikan kata atau kalimat yang memudahkan mengingat password asli. Selanjutnya klik Finish.
17. Tunggu beberapa saat hingga tampil dekstop windows 8 / 8.1. Dan proses instalasi windows 8/ 8.1 selesai.
Proses instalasi windows 8 / 8.1 pun selesai. Lanjut proses instalasi windows 10.

Cara Install Windows 10

Setelah setting BIOS agar booting pertama kali melalui DVD, berikut langkah-langkah menginstall Windows 10:
1. Silakan tekan sembarang tombol untuk memulai instalasi windows.  2. Pilih Indonesian (Indonesia) pada pengaturan Time and currency format, untuk yang lainnya seperti Language to install dan Keyboard or input method biarkan saja default. 3. Lalu klik tombol Install now untuk memulai instalasi windows 10. 4. Kemudian ceklist I accept the license terms, kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan proses. 5. Selanjutnya pilih Custom: Install Windows only (advanced). 6. Jika kalian ingin melakukan install ulang maupun upgrade / downgrade dari sistem operasi windows lama kalian ke windows 10, cukup dengan cara delete Drive 0 Partition 2 (partisi C:)serta Drive 0 Partition 1 : System Reserved, akan secara otomatis kedua partisi yang kalian hapus tersebut menjadi Unallocated Space.
Selanjutnya buat partisi baru lagi dan jadikan Drive 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi, lalu klik tombol Next untuk melanjutkan ke proses berikutnya. Dengan begitu data dipartisi lain tidak terhapus.
Bagi yang ingin install ulang, upgrade, atau downgrade dari sistem operasi windows lama kalian ke windows 10, maka silakan lewati langkah nomor 7-11. Dan jika HDD masih kosong atau yang belum pernah diinstall dengan sistem operasi windows sebelumnya, lewati pada langkah nomor 6. 7. Seperti yang kalian lihat pada gambar berikut bahwa ruang HDD masih kosong yaitu Unallocated Space. Untuk itu kalian harus mempartisi terlebih dahulu. Untuk jumlah partisi sesuaikan dengan kebutuhan Anda. 8. Silakan pilih Drive 0 Unallocated Space => New, lalu tentukan ukuran partisi tersebut, kemudian pilih tombol Apply. Ukurannya jangan terlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit juga. Misalkan pada ukuran HDD kalian 320GB/500GB, ukuran 100GB gunakan untuk partisi pada system. 9. Pilih tombol OK untuk pembuatan system reserved partition. 10. Buat beberapa partisi lagi dengan cara yang sama seperti halnya pada langkah nomor 6, buat partisi sesuai dengan kebutuhan Anda. 11.Pada tutorial kali ini membuat 2 partisi. Selanjutnya pilihlah Drive 0 Partition 2 untuk lokasi instalasi, lalu pilih Next. 12. Proses instalasi sedang berlangsung. Proses memakan waktu kurang lebih 20 menit. Komputer kalian akan restart sendiri berulang kali, hal tersebut sebagian dari proses instalasi pada windows 10 ini. 13. Masukkan product key windows 10, lalu klik Next. Jika belum memiliki product key, pilih Do this later. Kalian dapat mengaktivasi windows 10 setelah proses instalasi selesai. 14. Kemudian pilih Use Express settings. 15. Masukkan nama komputer dan password supaya tidak sembarang orang bisa mengakses komputer Anda. Isikan kata atau kalimat yang bisa membantu Anda dalam mengingat password dikolom Password hint. 16. Proses ini tidak memakan waktu lama, tunggu sebentar sampai kalian dibawa ke dekstop windows 10. 17. Selesaii… instalasi Windows 10 berhasil. Berikut tampilan desktop pada windows 10.

                                         

                        Setting Dasar Hotspot Mikrotik

Router Mikrotik memiliki banyak fitur, salah satu fitur yang cukup populer dan banyak digunakan adalah Hotspot. Kita sering menemukan sinyal internet wifi yang di password. Jadi jika ingin mengakses wifi tersebut harus tahu password-nya terlebih dahulu. Namun berbeda dengan Hotspot, kebanyakan wifi hotspot tidak di password dan semua user bisa connect dan akan diarahkan ke halaman login di Web Browser. Tiap user bisa login denganusername dan password yang berbeda-beda. Metode semacam inilah yang sering kita temukan di Kampus, wifi Cafe, Sekolah, Kantor, maupun area publik lainnya.

Sebenarnya hotspot tidak hanya bisa diaplikasikan untuk jaringan wireless saja, namun juga bisa untuk jaringan kabel. Kelebihan Hotspot adalah kita dapat mengkonfigurasi jaringan yang hanya bisa digunakan dengan username dan password tertentu. Kita juga dapat melakukan manajemen terhadap user-user tersebut. Misalnya, mengatur durasi total penggunaan hotspot per user, membatasi berapa besar data yang dapat di download tiap user, mengatur konten apa saja yang boleh diakses user, dll.

Hotspot merupakan fitur gabungan dari berbagai service yang ada di Mikrotik, antara lain :

  • DHCP server, digunakan untuk memberi layanan IP otomatis ke user
  • Firewall NAT, untuk mentranslasi IP user ke IP yang bisa dikenali ke internet
  • Firewall filter, untuk memblock user yang belum melakukan login
  • Proxy, untuk memberikan tampilan halaman login 
  • dan sebagainya
Tetapi beruntungnya, service-service tersebut tidak perlu kita buat secara manual. Bagaimana langkahnya, bisa dijabarkan sebagai berikut :

Buka di menu IP > Hotspot > Hotspot Setup. 



Dengan menekan tombol Hotspot Setup, wizard Hotspot akan menuntun kita untuk melakukan setting dengan menampilkan kotak-kotak dialog pada setiap langkah nya.

 

Langkah pertama, kita diminta untuk menentukan interface mana Hotspot akan diaktifkan. Pada kasus kali ini, Hotspot diaktifkan pada wlan1, dimana wlan1 sudah kita set sebagai access point (ap-bridge). Selanjutnya klik Next.

 

Jika di interface wlan1 sudah terdapat IP, maka pada langkah kedua ini, secara otomatis terisi IP Address yang ada di wlan1. Tetapi jika belum terpasang IP, maka kita bisa menentukan IP nya di langkah ini. Kemudian Klik Next. 

 

Langkah ketiga, tentukan range IP Address yang akan diberikan ke user (DHCP Server). Secara default, router otomatis memberikan range IP sesuai dengan prefix/subnet IP yang ada di interface. Tetapi kita bisa merubahnya jika dibutuhkan. Lalu klik Next.

 

Langkah selanjutnya, menentukan SSL Certificate jika kita akan menggunakan HTTPS untuk halaman loginnya. Tetapi jika kita tidak memiliki sertifikat SSL, kita pilihl none, kemudian klik Next



Jika diperlukan SMTP Server khusus untuk server hotspot bisa ditentukan, sehingga setiap request SMTP client diredirect ke SMTP yang kita tentukan. Karena tidak disediakan smtp server, IP 0.0.0.0 kami biarkan default. Kemudian klik Next.



Di langkah ini, kita meentukan alamat DNS Server. Anda bisa isi dengan DNS yang diberikan oleh ISP atau dengan open DNS. Sebagai contoh, kita menggunakan DNS Server Google. Lalu klik Next.

 

Selanjutnya kita diminta memasukkan nama DNS untuk local hotspot server. Jika diisikan, nantinya setiap user yang belum melakukan login dan akan akses ke internet, maka browser akan dibelokkan ke halaman login ini. Disini DNS name sebaiknya menggunakan format FQDN yang benar. Jika tidak diisikan maka di halaman login akan menggunakan url IP address dari wlan1. Pada kasus ini, nama DNS-nya diisi "hotspot.mikrotik.co.id". Lalu klik Next.

 

Langkah terakhir, tentukan username dan pasword untuk login ke jaringan hotspot Anda. Ini adalah username yang akan kita gunakan untuk mencoba jaringan hotspot kita.
Sampai pada langkah ini, jika di klik Next maka akan muncul pesan yang menyatakan bahwa setting Hotspot telah selesai.

 

Selanjutnya kita akan mencoba mengkoneksikan laptop ke wifi hotspot yang sudah kita buat. Kemudian buka browser dan akses web sembarang (pastikan Anda mengakses web yang menggunakan protokol http, karena hotspot mikrotik belum mendukung untuk redirect web yang menggunakan https), maka Anda akan dialihkan ke halaman login hotspot seperti pada gambar berikut ini:



Untuk mencobanya, silahkan coba login dengan username dan password yang telah Anda buat pada langkah sebelumnya. Jika berhasil login maka akan membuka halaman web yang diminta dan membuka popup halaman status Hotspot.



BAB III 
PENUTUP

3.1       Kesimpulan
            Ujian Praktek Kejuruan (UPK) Teknik Komputer dan Jaringan, merupakan suatu syarat kelulusan jenjang Sekolah Menengah Kejuruan SMK MUHAMMADIYAH Purwodadi Purworejo. Yang  menggambarkan karakter dan program kerja. Bagi para siswa agar siap dalam dunia kerja atau ketika kita melanjutkan ke perguuruan tinggi,  menjadi sebuah penguat dengan adanya suatu kegiatan praktik sehingga memenuhi kriteria lulus dalam ujian praktik. Kreatifitas serta inovasi dan singkatnya batas waktu yang diberikan, membuat penulis sadar akan pentingnya kedisiplinan dalam menyelesaikan sebuah tugas sesuai batas waktu yang diberikan, dengan hasil yang maksimal adalah salah satu penilaian terbesar yang sangat mempengaruhi bagi penulis terhadap penguji dalam pembuatan Karya Tulis Dalam Teknik Kerja Komputer dan Jaringan.
3.2       Saran
            Pada pembuatan Karya Tulis Teknik Komputer dan Jaringan ini penulis masih memiliki kekurangan. Menurut laporan ini maka saran-saran yang harus diperhatikan dan menjadi bahan pertimbangan pembaca adalah sebagai berikut :
·        Untuk menciptakan suatu konsep yang menarik dan berkesinambungan, sebaiknya sebelum melakukan Karya Tulis kita bisa lebih terkonsep.

Terimakasih Sudah Mengunjungi Blogsaya semoga dengan saya membuat ini bermanfaat buat anda. Maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan kata-kata.

Komentar

  1. I'm personally a big fan of mynewirfansetiadijoso blog. Thanks for sharing this post.
    clipping path
    clipping path service

    BalasHapus

Posting Komentar